Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Sumsel

Pilgub Sumsel Diprediksi Ketat

Minggu, 14 April 2013 22:06 WIB

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Terdapatnya empat bakal pasangan calon Gubenur dan wakil Gubenur Sumsel periode 2013-2018, yang akan bertarung pada Pemilihan Gubenur (Pilgub) Sumsel 6 Juni mendatang diprediksi akan berjalan ketat dan akan berlangsung 2 putaran.

Terlebih lagi, masuknya nama Mantan Kapolda Sumsel, Iskandar Hasan-Hafisz Tohir, yang meramaikan sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel,  memberikan pengaruh yang besar terhadap peta perpolitkan.

“Kita sedang melakukan survey. Hasilnya dalam beberapa hari kedepan akan kami publikasikan,” kata Direktur Lembaga Survei Puskaptis, Husin Yazid, Minggu (14/4/2013).

Menurutnya Pilgub Sumsel yang akan berlangsung beberapa bulan lagi ini tidak akan kalah seru dengan Pemilihan Walikota (Pilwako) Palembang, yang baru saja mendapatkan pemenang.

“Kita prediksi nanti tidak akan kalah seru dengan pilwako. Bahkan, pertarungan dalam pilkada gubernur Sumsel berpeluang dua putaran," ujarnya.

Untuk mengetahui sejauh mana popularitas, dan elektabilitas dari 4 pasang calon gubernur, dan wakil gubernur Sumsel mendatang, Husin mengaku, belum lama ini telah melakukan survey dan saat ini hasilnya sedang direkap dan dikaji oleh Puskaptis.

Terkait Pilkada Kota Palembang yang baru saja selesai, Husin mengaku sangat puas. Karena hasil survey yang telah dilakukan Puskaptis tidak jauh beda dengan hasil penghitungan suara di KPU Palembang.

“Pada survey yang kita lakukan, perolehan suara Sarimuda tertinggi dari  Romi Herton, dengan komposisi Sarimuda 44, 81 persen sedangkan pasangan Romi Herton-Harnojoyo 44,64 persen, atau hanya selisih 0,17 persen. Sementara itu pasangan Mularis-Husni Thamrin 10,55 persen dan gol put 21,76 persen,"klaimnya dengan percaya diri.

Dengan hasil itu, dijelaskan Husin lembaga miliki adalah lembaga yang bisa dipercaya dan independen, dengan akurasi yang cukup tepat.
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Yohanes Iswahyudi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas