TribunSumsel/
Home »

Sport

Formula 1

Vettel Sempurna, Alonso Merana

Fernando Alonso, harus menerima kenyataan pahit karena sudah meninggalkan lomba menjelang akhir lap pertama.

Sementara itu pebalap Ferrari yang menjadi juara GP Malaysia musim lalu, Fernando Alonso, harus menerima kenyataan pahit karena sudah meninggalkan lomba menjelang akhir lap pertama. Dia mengalami masalah pada sayap depan mobilnya akibat bersenggolan dengan Webber sebelum memasuki tikungan pertama usai start.

Dengan hasil ini, Vettel, yang menguasai Formula 1 selama tiga tahun terakhir, kembali ke posisi teratas klasemen sementara dengan total poin 40. Dan, pebalap Jerman ini pun bisa mempertahankan posisi untuk selalu naik podium, karena pekan lalu dia finis di posisi ketiga GP Australia.

Jalannya balapan

Alonso langsung agresif di awal lomba ketika dia menyalip rekan setimnya, Massa. Akan tetapi menjelang tikungan pertama, sayap depannya bersenggolan dengan mobil Webber, yang juga melejit dari urutan keenam hingga menembus posisi ketiga dan nyaris melewati Alonso.

Akibat senggolan itu, sayap depan Alonso patah dan terseret hingga menjelang akhir lap pertama. Sayang, Alonso tak mampu mengendalikan mobilnya sehingga dia terseret ke gravel dan gagal melanjutkan lomba.

Tanpa Alonso, yang pekan lalu menjadi runner-up GP Australia, Vettel cukup nyaman di depan. Hingga lap keempat, posisi 10 besar dihuni Vettel, Webber, Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Jenson Button, Massa, Sergio Perez, Adrian Sutil, Nico Hulkenberg, dan Ricciado.

Pada lap keenam, Vettel memutuskan untuk masuk pitstop setelah dia mengatakan bahwa ban slick nyaris membuatnya gagal. Juara dunia tiga musim terakhir ini mengganti ban medium. Saat itu para rival melanjutkan lomba, hanya Massa yang ikut masuk pitstop.

Saat keluar, Vettel melorot empat posisi. Tapi berselang empat lap, sejumlah pebalap juga memutuskan masuk pitstop. Webber, yang saat itu membuat fastest lap, juga ikut masuk. Saat itu ada satu kejadian lucu di mana Hamilton salah masuk garasi karena dia menuju ke tim lamanya, McLaren. Padahal saat ini dia sudah memperkuat Mercedes.

Posisi pada lap ke-11 adalah Webber, Vettel, Hamilton, Rosberg, Button, Hulkenberg, Massa, Perez, Grosjean dan Raikkonen, yang akhirnya mampu melewati Ricciardo. Berselang dua lap, jarak Webber dan Vettel 2,4 detik, sedangkan Hamilton terpaut 2,9 dari Vettel. Rosberg secara perlahan terus memangkas jarak dengan para pebalap di depannya setelah pada lap ke-17 membuat fastest lap 1:43.535.

Pada lap ke-29, Vettel mengatakan bahwa Webber terlalu lambat. Para mekanik Red Bull memberikan tanggapan dan Webber pun masuk pitstop, sehingga Vettel memimpin jalannya lomba. Empat lap kemudian, Vettel pun kembali masuk pit untuk menggunakan ban keras. Ketika kembali ke lintasan, dia berada di belakang Hamilton dan mendapat tekanan dari Rosberg. Ketika itu, Button yang memimpin jalannya lomba, karena belum melakukan pit ketiga, dan diikuti oleh Webber, Hamilton, Vettel dan Rosberg.

Halaman
12
Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help