TribunSumsel/
Home »

Sport

Formula 1

Gunakan Pit Stop Dua Kali, Raikkonen Juara F1 Seri Australia

Di lomba ini, Raikkonen yang start dari posisi keenam oleh timnya dipasangkan ban kompon medium.

Gunakan Pit Stop Dua Kali, Raikkonen Juara F1 Seri Australia
ESPNF1 | Author
Formula1 Seri AUstralia

Di lomba ini, Raikkonen yang start dari posisi keenam oleh timnya dipasangkan ban kompon medium. Sementara pebalap unggulan di depannya mengandalkan ban kompon super lunak yang berarti melakukan 3 kali pitstop. Sementara Lotus menginginkan Raikkonen cukup dua kali.

Ternyata, taktik ini berhasil. Raikkonen berhasil memimpin lomba di lap 40 saat Vettel melakukan pitstop ketiganya. Sementara dirinya sudah melakukan lebih dulu di lap 34 (pitstop II). Ini merupakan kemenangan keduanya sejak kembali ke arena tahun lalu. Kemenangan pertamanya diraih di Abu Dhabi.

Posisi kedua direbut Fernando Alonso. Ferrari F138 yang dikemudikannya cukup kencang. Buktinya, begitu start dengan ban kompon super lunak ia bisa menyodok ketiga di belakang Vettel dan rekan setimnya Felipe Massa. Jika ia menggunakan ban medium, belum tentu bisa mendapatkan posisi yang baik saat start.

Di urutan ketiga ditempati Sebastian Vettel yang juga sempat memimpin di depan bersama Alonso. Hanya, Red Bull - begitu juga ferrari - di lomba ini menerapkan strategi pitstop 3 kali, sehingga kalah dengan Raikkonen.

Lewis Hamilton gagal podium dan tampak masih beradaptasi dengan mobil. Buktinya, ia dapat disalip oleh Alonso dan Vettel. Sementara rekan setimnya Nico Rosberg gagal melanjutkan lomba.

Jalan Lomba

Ketika lampu start merah padam, Vettel mampu mempertahankan posisinya sampai tikungan pertama. Kecuali Webber yang lamban dan kesempatan ini tidak disia-siakan duo Ferrari melibasnya dengan Massa berada di urutan kedua, diikuti Alonso dan juga dua mobil Mercedes. Sehingga rekan Vettel itu mundur jadi ketujuh.

Selain duo Ferrari, Kimi Raikkonen dengan Lotus juga dapat menyodok Hamilton di salah satu tikungan patah. Mantan juara dunia 2007 itu akhirnya dapat memperbaiki posisinya jadi keempat.

Tak disangka, duo Ferrari dapat menekan Vettel sampai lap 7. Massa hanya terpaut 0,830 detik, sedang Alonso 1,20 detik dengan Vettel. Begitu juga Raikkonen coba mendekat kepada tiga kelompok di depan.

Tidak sampai 10 lap, satu persatu pebalap unggulan masuk pit untuk menukar ban kompon super lunaknya dengan medium. Diawali oleh Button di lap 5, menyusul Webber (lap6), Vettel (lap 8), Massa (9), dan Alonso serta Raikkonen bersamaan (lap 10).

Halaman
12
Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help