Senin, 2 Maret 2015
Home » Ekbis

Rp 6 Juta Per Bulan dari Bisnis Bunga Kuburan

Senin, 18 Februari 2013 23:44 WIB

Rp 6 Juta Per Bulan dari Bisnis Bunga Kuburan - bunga_kamboja_(2).JPG
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Tarsok saat memetik bunga kamboja di areal pemakaman umum.
Rp 6 Juta Per Bulan dari Bisnis Bunga Kuburan - bunga_kamboja_(3).JPG
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA

Bunga kamboja kering yang dibeli penampung dengan harga Rp 60 ribu per kilogram tentu saja membuat masyarakat tergiur. Mereka berlomba-lomba melakukan penanaman bunga kamboja di halaman rumah. Namun sebagian masyarakat lainnya rela melakukan perburuan bunga kamboja di sejumlah areal pekuburan.

Seperti yang dilakukan Tarsok (60) warga asal Desa Negeriratu Baru Kecamatan Bungamayang, Kabupaten OKU Timur. Setiap harinya ia berburu bunga kamboja untuk dijual kepada penampung.

Tarsok mengaku mencari bunga kamboja setiap harinya di sejumlah areal pemakaman warga yang ada di sekitar wilayahnya. Untuk membudidayakan bunga tersebut menurutnya cukup sulit namun Sejumlah warga saat ini sudah mulai berusaha untuk menanam di pekarangan rumah dan kebun mereka.

“Sebagian besar warga sudah mengetahui kalau harga bunga kamboja ini mahal. Jadi sudah banyak yang berburu bunga tersebut. Bahkan di areal pemakaman sekarang bunga kamboja sudah mulai sulit dicari,” jelasnya Selasa (18/2/2013).

Tarsok mengaku bunga kamboja yang diperolehnya dijual dengan harga Rp 60 ribu perkilogram kepada penampung yang sudah menjadi langganannya. Dalam satu bulan kata dia, dirinya mampu mendapatkan bunga kamboja sekitar 10 kilogram bahkan lebih bunga kamboja yang sudah dikeringkan.

“Sekitar Rp 6 juta setiap bulannya. Saat ini warga mulai melakukan penanaman bunga kamboja di sekitar pekarangan rumah dan perkebunan mereka. Karena menjanjikan jadi warga mulai berlomba-lomba untuk melakukan penanaman bunga tersebut. Bahkan sebagian warga mulai beralih untuk menanam bunga tersebut,” jelasnya.

Dikatakan Tarsok, penampung biasanya akan datang sendiri ke rumahnya untuk mengambil bunga kamboja yang sudah kering dan siap untuk dijual. Biasanya, dia akan menghubungi pembeli untuk mengambil bunga kamboja yang sudah kering.

Halaman123
Editor: Yohanes Iswahyudi
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas