A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Gurame Asam Manis Pedas Ala Bumbu Desa - Tribun Sumsel
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Sumsel

Gurame Asam Manis Pedas Ala Bumbu Desa

Minggu, 20 Januari 2013 18:25 WIB
Gurame Asam Manis Pedas Ala Bumbu Desa - best_food3.jpg
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
Gurame Pesmo yang bercita rasa asem, manis dan pedas ala Bumbu Desa.
Gurame Asam Manis Pedas Ala Bumbu Desa - best_food2.jpg
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rumah makan Bumbu Desa misalnya, rumah makan franchise asal Bandung yang telah beridiri sejak 2009 lalu itu juga menyajikan menu gurame. Gurame gurih dengan cita rasa Bandung didominasi rasa asem, pedas dan manis yakni Gurame Pesmo.

"Bumbu Desa menampilkan cita rasa masakan khas Sunda dengan desain ruangan dan konsep serba Sunda," ujar Albert Penanggung jawab Area Bumbu Desa pada TribunSumsel.Com, Jumat (18/1/2013).

Gurame segar yang didatangkan langsung dari Lampung dengan ukuran besar yang diracik nikmat oleh chef di dapur pastinya bisa memuaskan rasa lapar pengunjung.

Gurame Pesmo dengan cita rasa kaya rempah ini dihadirkan dalam sajian digoreng kemudian diungkep dalam tumisan rempah yang telah dihaluskan. Untuk menghilangkan bau amis digunakan jeruk nipis sebagai perasan anti amis dan juga memberikan cita rasa asam yang segar.

Rempah jahe, bawang putih, dan cabai merah menjadi ciri khas gurame ini. Bumbu yang telah dihaluskan ini ditumis lalu didihkan dengan air dan gurame goreng yang garing dan renyah diungkep dalam tumisan bumbu yang gurih. Warna cantik gurame coklat keemasan dan hiasan sambal cabe merah hasil bumbu ungkep membuat gurame semakin berselera dinikmati.

Nasi panas yang masih mengepul menjadi pelengkap santap siang yang tepat bersama sajian gurame gurih. Rasa nikmat perpaduan asam, pedan dan manis bisa memanjakan lidah pengunjung. Karena cita rasanya pas dengan kombinasi tiga rasa sehingga tidak lagi perlu menambahkan sambal sebagai pelengkap.
Menu andalan lain yang menjadi andalan khas RM Bumbu Desa adalah Ayam Cabe Ijo. Ayam pejantan ungkep rempah yang empuk disajikan bersama taburan sambel cabe ijo mampu membangkitkan selera makan.

"Pemilihan ayam menggunakan ayam pejantan dimaksudkan agar bisa memberikan cita rasa ayam gurih yang khas laiknya ayam kampung, karena jika menggunakan ayam broiler maka itu bisa sama saja dengan sajian makan di tempat lainnya," jelas Chef Egi yang mengolah masakan ini.

Lagi-lagi cita rasa gurih kembali ditonjolkan dengan sajian unggulan ayam satu ini. Ayam kenyal dan gurih yang diungkep bersama rempah dan cabe ijo meresap hingga tulangnya. Nikmatnya membuat pelanggan ketagihan dan cukup hanya dengan satu potong saja.

Puas menyantap gurihnya sajian Gurame Pesmo dan Ayam Cabe Ijo pastinya penasaran minuman apa yang menjadi andalan pelepas dahaga. Jangan khawatir banyak jenis minuman yang disajikan dalam daftar menu, tapi pengujung wajib mencoba Es Pasundan yang hanya bisa ditemukan di RM Bumbu Desa.

Es dengan sajian khas pelangkap kelapa muda ini disajikan unik bersama jagung manis yang telah dipipil. Jika biasanya jagung bisa ditemukan dengan sajian bubur jagung atau jagung susu keju dan jangung bakar atau rebus itu sudah biasa. Tapi kini jangung dikombinasikan dengan es manis yang segar dan gurih.

Manisnya air dogan yang dikombinasikan dengan simpel sirup dan gurih santan kental disajikan apik dalam gelas saji. Serutan kelapa muda dan jagung sekamin membuat tampilan es cantik dengan kombinasi warna merah, kuning, dan putih. Soal rasa pastinya tidak diragukan lagi menonjolkan rasa manis dan segarnya es serut yang bisa membuat keringat tak jadi mengalir karena pedasnya rasa Ayam Cabe Ijo.

Tidak hanya ayam, dan ikan saja yang menjadi menu andalan, Bumbu Desa juga mengahadirkan aneka menu olahan ayam, ikan dan seafood yang juga bebas dipilih di pondokan yang telah disajikan. Khusus hari minggu biasanya sedikit berbeda dari hari biasa karena menampilkan pula aneka olahan ikan asin bagi pengunjung yang bosan bersantap dengan makan olahan, daging, ayam dan ikan.



Serasa Bersantap di Pematang Sawah


TAK hanya makanan yang disajikan RM Bumbu Desa memiliki cita rasa Sunda, tapi juga tampilan interior dan eksterior rumah makan juga dirancang dengan konsep Sunda. Hidangan menu disajikan secara prasmanan dengan pondokan bambu lengkap dengan atap rumbia berjejer yang bisa dipilih langsung pengunjung.

Interior rumah makan juga didesain dengan konsep mencontoh suasana persawahan yang teduh dan asri mampu membawa efek tenang dan membangkitkan selera makan laiknya makan di gubuk di atas hamparan sawah. Makanan yang dipesan disajikan dengan bakul dan keranjang bambu khas sajian di desa. Lukisan khas kegiatan petani yang menggarap sawah semakin membuat susana interior rumah makan laiknya suasana di sawah. Kursi dan meja makan dengan corak coklat dan anyaman rotan semakin membuat suasa rumah makan terasa sekali nuansa Sunda. Alunan musik Sunda juga siap menemani pengunjung untuk bersantap.

"Konsep interior dan menu kita adaptasi khas Sunda, bahkan chefnya juga kita datangkan langsung dari Sunda agar cita rasa masakannya benar-benar khas Sunda, " tutup Albert.
Penulis: Hartati
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
49823 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas