• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Sumsel

Habitat Buaya di Musi Rawas Jangan Diganggu

Minggu, 13 Januari 2013 17:27 WIB
TRIBUNSUMSEL.COM, MUSI RAWAS - Kepala Dishut Kabupaten Mura, Nawawi melalui Kabid Perlindungan Hutan, Tri Retiyanto menyampaikan dalam konflik antara hewan dan manusia contohnya satwa  buaya yang menyerang warga masyarakat tidak terlepas dari ulah oknum yang mengganggu kelestarian satwa tersebut dengan beragam cara.

"Keberadaan buaya di beberapa  aliran sungai di Kabupaten Musi Rawas memang telah ada puluhan  tahun,dan selama ini masyarakat sekitar dan satwa telah hidup berdampingan dengan damai. Apabila ada konflik hal tersebut pasti  disebabkan  ekosistem buaya itu terganggu," ungkapnya pada TribunSumsel.Com, Minggu (13/1/2013).

Ia menambahkan setiap mahluk hidup memiliki rantai makanan sehingga ketika rantai makanan tersebut mengalami gangguan maka tentunya akan ada terjadi konflik dan hal tersebut akan terjadi setiap satwa. Ulah oknum masyarakat contohnya. mencari ikan dengan racun, atau setrum jelas akan mengganggu rantai makan dari buaya tersebut.

"Saya paham sekali karakter satwa Buaya, jika mereka mengganggu pasti mereka sedang terganggu, buaya sangat sensitif terlebih terdapat gangguan disarang atau menyangkut telur atau hasil perkembangbiakkannya," imbuhnya

Disinggung kemungkinan penangkaran buaya Ia menjelaskan kemungkinan hal tersebut ada namun harus diperimbangkan telebih dahulu terkait biaya makan buaya buaya yang hendak ditangkarkan.

Selanjutnya, ia menjelaskan habitat buaya di Kabupaten Musi Rawas berada di empat sungai yakni Sungai Ketuan, Sungai Lesing, Sungai Megang, Sungai Lakitan.

"Saat ini kami terus optimalkan sosialisasi door to door  kepada masyarakat untuk berhati hati jika sedang berada di aliran sungai dan untuk menjada kelestarian habitat buaya yang berada di sungai," ungkapnya.
Penulis: Yohanes Tri Nugroho
Editor: Yohanes Iswahyudi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas