• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Sumsel
Home » Ekbis

DeltaBox New Yamaha Vixion

Kamis, 27 Desember 2012 20:43 WIB
DeltaBox New Yamaha Vixion
Ketika Yamaha Vixion pertama kali muncul 2007, langsung menjadi bahan perbincangan karena menggunakan sasis Deltabox , hal itu disebabkan  belum pernah ada sasis model seperti itu yang digunakan sebuah motor di segmen kelas 150cc.

Banyak orang yang belum mengerti apakah deltabox itu? Deltabox itu salah satu nama jenis sasis/rangka motor, sebenarnya nama aslinya itu Perimeter Frame, tapi sering disebut orang dengan istilah deltabox, sasis/rangka Perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern atau motor balap.

Deltabox sudah menjadi trademark Yamaha, untuk kerangka / chassis kotak (box) yang disusun berbentuk segitiga (delta) yang digunakan di motor-motor keluaran Yamaha. Letak Deltabox ada di antara segitiga komstir sampai poros lengan ayun belakang.

Untuk itu Yamaha selalu mengaplikasikan Deltabox di Vixion sejak tahun 2007 hingga yang termutakhir pada New Vixion yang baru dirilis pada akhir tahun 2012. Tidak ada perbedaan mendasar pada Deltabox Vixion dari tahun ke tahun, hanya ada perbedaan pada bagian warnanya. Seperti pada tahun 2009 yang berwarna putih dan tahun selanjutnya berwarna hitam.

Menurut, M. Abidin GM Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pertimbangan memakai sasis Deltabox menyangkut kemampuan manuver (maneuverability), kerampingan, dan posisi engine mounting demi kemudahan perawatan di bengkel.

Ia mengambil contoh pada New Vixion yang menggunakan Deltabaox terlihat lebih kokoh dan rapi dan punya kemampuan akselerasi serta manuver seperti RX-King. Padahal secara profil, motor 4-tak ini enggak bisa menyamai pendahulunya. “Akhirnya, demi mencapai kemampuan itu dipilihlah sasis deltabox,” terang Abidin.

Editor: BangOpeak
Sumber: Otomotif Net
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
41374 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas