Kecantikan

Terlalu Sering Membersihkan Wajah Picu Jerawat

Makin sering kita membersihkan kulit wajah kita semakin kering dan menyebabkan kulit wajah kita jadi iritasi.

Terlalu Sering Membersihkan Wajah Picu Jerawat
IST
TRIBUNSUMSEL.COM - Ternyata kemunculan jerawat di wajah bukan hanya karena hormon dan makanan aja. Ada empat kebiasaan kita lainnya yang juga bisa jadi pemicunya.

1.Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Siapa bilang makin sering dibersihkan, kulit wajah akan bebas jerawat? Belum tentu. Makin sering kita membersihkan kulit wajah kita semakin kering dan menyebabkan kulit wajah kita jadi iritasi. Cukup bersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, saat bangun serta sebelum tidur.

 2. Sering telepon

Terlalu sering menempelkan ponsel atau gadget ke wajah bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Karena tanpa kita sadari hape adalah barang yang memiliki banyak kuman dan bakteri. Jadi, sebaiknya bersihkan permukaan ponsel dengan alkohol setiap seminggu sekali. Selain itu, kalau kita sudah menggunakan telpon lebih dari 15 menit, jangan lupa untuk membilas wajah dengan air, ya.

3. Alat Make-Up

Sudah merasa membeli make-up berbahan yang bersahabat dengan wajah, tapi masih teteeep aja jerawatan setiap habis mengenakannya? Mungkin bukan make-up pemicunya, tapi karena kuas atau brush yang kita kenakan saat dandan enggak bersih. Biar enggak jerawatan, bersihkan kuas atau brush make-up dengan air hangat sebelum dan sesudah digunakan. Agar bakteri dan kotoran yang menempel bisa terangkat.

4. Kurang Tidur

Kalau badan kita kurang istirahat, otomatis akan memicu stres. Saat stres, jumlah hormon cortisol naik sehingga memicu produksi minyak dan jerawat di wajah. Cortisol sendiri adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berefek negatif terhadap metabolisme organ tubuh. Jadi mulai atur waktu tidur kamu agar bisa mendapatkan kulit segar yang sehat, ya.

Selain menghindari empat hal diatas, sebaiknya kita juga mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar biar tubuh dan wajah kita selalu sehat. Selamat mencoba!

Editor: Ashari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved