A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Retribusi Sewa Ruko Capai Rp 700 Juta - Tribun Sumsel
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribun Sumsel

Retribusi Sewa Ruko Capai Rp 700 Juta

Jumat, 24 Agustus 2012 22:44 WIB

Laporan Wartawan TribunSumsel.Com, Edison

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Berakhirnya Hak Guna Bangunan (HGB) ruko milik pemerintah kota di kawasan Pasar Inpres Prabumulih dan beralih dengan ditetapkan retribusi sewa bagi pemilik ruko, menjadi keuntungan besar bagi Pemerintah kota Prabumulih.

Penyebabnya, sejak diberlakukan retribusi sewa bagi pemilik ruko tersebut, Pendapatan Asli Daerah Pemkot Prabumulih mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil yang dicapai sejak Januari 2012 hingga Agustus 2012, mencapai Rp 700 juta lebih.

"Pemberlakuan retribusi sejak 1 Januari 2012. Pedagang yang menempati ruko milik Pemkot di sekitar Terminal Pasar Inpres, kita kenakan retribusi sewa, saat ini telah mencapai Rp 700 juta," ujar Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Prabumulih, Drs H Ujang Sukarman, Ak MM melalui Kabid Aset, Edi Hartono, SE, MM kepada Tribun Sumsel, Jumat (24/8/2012).

Menurut Edi Hartono, HGB ruko pemkot di sekitar terminal Pasar Inpres tersebut telah berakhir sejak 2006, tetapi baru secara resmi pada tahun 2012 lalu pemkot menetapkan aturan penarikan retribusi sewa ruko.


Retribusi berjumlah Rp 700 juta tersebut, menurut Edi Hartanto, masih ada peluang untuk bertambah. Hal itu disebabkan dari 68 ruko, masih terdapat beberapa pedagang yang belum menyelesaikan kewajibannya.
"Hingga akhir tahun ini, kita masih optimis pendapatan dari sewa ruko akan bertambah dari jumlah yang telah ada," jelasnya seraya mengatakan saat ini sewa ruko dikelola oleh bidang aset DPPKAD Kota Prabumulih.

Edi Hartono menjelaskan, pungutan retribusi ruko di sekitar Terminal pasar Inpres itu berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 26 tahun 2011 tentang Besaran Tarif Sewa, dan Perwako No 7 tahun 2012 tentang Sewa Bangunan Milik Pemkot.

"Kita melakukan pungutan berdasarkan dua peraturan tersebut, karena ini baru tahun ini jadi kita belum dapat memastikan akan mendapatkan PAD berapa banyak," katanya.

Tetapi untuk tahun depan, pihaknya berupaya target sewa akan terus ditingkatkan hingga mencapai Rp 1 M, sehingga pendapatan dari segi retribusi ruko menjadi besar.

"Jika tahun ini sedikit, kita berharap tahun depan akan mencapai miliaran," tegasnya. (*)

Editor: Andri Farid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1834 articles 72 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas